Bapak Linux Ramalkan Hadirnya Pesaing Android

On July 9, 2013

1410154620X310Android adalah sistem operasi terbuka yang berhasil mendominasi dunia perangkat mobile dalam waktu relatif singkat, namun kesuksesan tersebut bisa memicu dibuatnya sistem operasi tandingan Android oleh para produsen perangkat seperti Samsung dan LG.

Menurut bapak Linux, Linus Torvalds, hal ini terjadi karena para produsen perangkat tak memiliki kendali atas sistem operasi bikinan Google dan ingin membuat sistem operasi terbuka milik sendiri.

“Saya berada di Korea dan berbicara dengan Samsung dan LG beberapa minggu lalu. Para produsen ini agak cemas dengan Android karena mereka bukan Google. Mereka juga mau membuat sistem operasi sendiri karena ingin memiliki kontrol,” ujar Torvalds ketika berbicara di depan audiens di Aalto University, Finlandia, Selasa (23/10/2012), seperti dikutip dari ZDNet.

Torvalds memuji Android karena berhasil membawa iklim terbuka ke platform mobile. “Sebelum Android, orang-orang mencoba melakukan itu pada ponsel, tapi kebanyakan kurang sukses. Sekarang Android telah mengubahnya.”

Kunjungan Torvalds ke Allto University tersebut merupakan yang kedua kalinya di tahun 2012. Dalam kunjungan pertamanya Juni lalu, pencipta kernel sistem operasi Linux ini membuat sensasi dengan mengacungkan jari tengah seraya memaki-maki NVIDIA yang disebutnya tidak mau mengoptimalkan hardware untuk software open source.

Kali ini, sebelum berbicara, Torvalds telah berjanji tak akan mengacungkan jari tengah lagi. Akan tetapi dia menolak menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan NVIDIA serta keputusan Nokia untuk memilih Windows Phone dibanding platform MeeGo yang berbasis Linux.

Comments are closed.