Google Tantang Peretas Bobol Sistem Operasinya

On January 28, 2014

1025416Chromebook-Review-lid780x390
Google kembali mengadakan kompetisi tahunan Pwnium. Tahun ini menjadi tahun keempat diadakannya kompetisi hacking ini. Pwnium akan diselenggarakan pada Maret 2014 dengan iming-iming hadiah uang jutaan dollar AS.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut, peserta ditantang untuk mencari celah keamanan sistem operasi buatan Google, Chrome OS.

Peserta akan mendapatkan 150.000 dollar AS jika sukses menerobos halaman web yang menggunakan Chromebook terinstal.

Sementara hadiah sebesar 110.000 dollar AS disiapkan bagi hacker (peretas) yang bisa menyusup ke dalam browser atau keseluruhan sistem dari akun guest user dalam Chrome OS.

Google juga menyiapkan bonus lain yang signifikan jika peretas berhasil melakukan serangan-serangan lain, hingga 2,7 juta dollar AS.

“Kompetisi Pwnium yang lalu fokus pada perangkat Chrome OS berbasis Intel, tetapi kali ini berbeda,” terang Google Security Engineer, Jorge Lucagngeli Obes.

“Peserta bisa memilih antara Chromebook berbasis ARM, HP Chromebook, atau Acer C720 Chromebook yang berbasis arsitektur mikro Intel Haswell,” imbuh Obes.

Kontes Pwnium, diakui Obes, membantu membuat Chrome semakin aman, seperti dikutip dari Digital Trends (25/1/2014). Dalam kompetisi Pwnium pada 2013, tidak ada peserta yang berhasil menembus pertahanan Chrome OS.

sumber: tekno.kompas.com

Comments are closed.