10 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Ke Situs Web Anda

On February 13, 2015

Bermain-SEO
Bagaimana caranya untuk meningkatkan trafik pengunjung ke situs website anda?

Website anda harus memiliki informasi – informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung website/blog anda. Yaitu tetap fokus dan mempertahankan konten yang berkualitas untuk website anda. Informasi – informasi tersebut juga harus memuat banyak link ke website anda.

Telusuri cara-cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik user/pengunjung ke situs website/blog/toko online anda.

1. Daftar dan Aktif Di Social Networking Web Site

Sekarang ini media Social Networking sudah menjadi komunitas online yang sangat ramai sekali dari seluruh dunia tanpa batas yang bisa anda manfaatkan. Jika anda masih belum mempunyai account di Social Networking, segera daftarkan diri anda!

Apa saja Social Networking yang harus anda daftar?

  • facebook.com, merupakan situs jejaring sosial yang paling ramai digunakan orang. Bagi mereka yang sering update status, comments di post teman, dll, ini merupakan sebuah kesempatan untuk anda memanfaatkan fitur lebihnya seperti Group dan Fan Page, hal ini sangat berguna bagi anda yang ingin menjadi seorang pebisnis online, ada fungsi lain yang lebih besar dari sekedar update status. Apa itu?Sebagai marketing online.. Strategi promosi yang dapat anda gunakan :
    - Update link produk website anda di status.
    - Upload dan tag foto produk kita ke rekan-rekan anda.
    - Buatlah Group dan Fan Page untuk membuat sebuah komunitas/pasar interaksi calon pelanggan maupun pelanggan
    - Share status/post/foto nya ke group facebook yang anda bikin atau bisa join di group orang lain, sehingga produk baru kita terkirim sebuah pesan ke semua member di Group tersebut. Setidaknya ada yang klik dan lihat-lihat produk anda
    - Pastikan status/tag/comments/group anda mencantumkan informasi kontak anda dan url website anda.
  • twitter.com, sebuah layanan jejaring sosial dan mikroblog yang sekarang ini diminati banyak orang. Lebih simple, anda hanya diperbolehkan mengetik tidak lebih dari 140 karakter. Apa saja yang harus anda ketik untuk promosi anda:
    - Ketiklah barang jualan/informasi yang ingin disampaikan singkat dan menarik perhatian
    - Jangan lupa sertakan url website soal jualan/informasi singkat tersebut.
    - Bila harga menarik, segera cantumkan itu sebagai daya tarik orang.
    - Upload foto terkait dengan jualan/informasi yang anda ketik
  • instagram.com, sebuah aplikasi jejaring sosial untuk berbagi foto, instagram hanya berfokus pada telepon gengam, seperti iPhone, iPad, iPod touch, Telepon Android. Aplikasi ini juga simple, cukup upload foto yang ada di gadget, bila belum ada, anda bisa foto langsung, kemudian share/upload dengan instagram, setelah itu anda bisa ketik jualan/informasi pesan, tag ke teman-teman yang menjadi follower anda.
  • dan lainnya seperti di youtube, yahoo, google+

2. Cobalah Aktif Di Forum-Forum

Forum online adalah tempat diskusi dimana semua yang terdaftar dalam forum tersebut saling berdiskusi satu sama lain sehingga ada interaksi sesama anggotanya. Cobalah daftar di forum-forum yang memang berhubungan dengan produk anda. Perlu diingat kembali bahwa forum jangan hanya digunakan untuk ajang promosi semata, tetapi berbagilah dengan mereka yang membutuhkan informasi dan kontribusi dari anda.

Dengan kita aktif di forum dengan memberikan solusi-solusi dan pendapat-pendapat kita sebenarnya dapat meningkatkan personal brand kita di mata para anggota forum. Juga jangan lupa untuk mencantumkan Signature (identitas kita seperti alamat web toko online, email, nomor telepon, dan sebagainya yang biasanya di letakkan di footer) dan biasanya kita pun dapat berpromosi di forum sesuai dengan thread yang disediakan oleh Moderator Forum.

3. Miliki newsletter pada web/blog anda. Newsletter ini berperan penting sebagai pengingat untuk pengunjung web anda bahwa web anda masih aktif dan terus up to date. Anda dapat membuat dan mengirim newsletter secara berkala misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali ke alamat email subscriber anda. Selalu pastikan bahwa newsletter yang anda kirim mengandung konten yang berkualitas dan membuat mereka berminat untuk mengunjungi website anda lagi.

4. Membuat promo atau kontes yang dapat memikat pengunjung untuk mengunjungi web anda berulang – ulang.

Promo dan kontes akan membuat pengunjung menjadi tertarik. Jangan lupa untuk menawarkan hadiah yang menarik agar mereka tertarik untuk memenangkan kontes tersebut.

Anda harus membuat pengunjung tersebut menyadari aturan yang anda buat misalnya semakin banyak mereka mengunjungi web anda, maka semakin besar peluang mereka untuk menang. Promosi yang menarik ini tentu akan meningkatkan web traffic untuk web anda.

5. Daftar Di Katalog/Direktori Website Bisnis

Silahkan daftarkan Blog/Website/Toko Online anda di beberapa direktori, baik tingkat lokal (Indonesia) maupun International. Selain dapat meningkatkan traffic, Direktori ini juga bisa menambah Page Rank web Toko Online anda. Berikut beberapa Web Direktori yang cukup terkenal : Dmoz.org, Directory.Google.com, atau Dir.Yahoo.com. Tapi sebelum memasukkan direktori, anda perlu membaca aturannya terlebih dahulu karena kalo tidak sesuai tidak akan di masukkan ke dalam direktori tersebut dan memang harus sabar untuk bisa masuk direktori tersebut karena memang yang memverifikasi adalah manusia dan bukan robot/mesin.

6. Meningkatkan Search Engine Optimization

Akhir-akhir ini kata SEO begitu familiar di mata para pebisnis online, bagaimana cara meningkatkan posisi sebuah web Toko Online di halaman 1 di Google atau peringkat 1 di Google. yang paling mudah adalah Keyword atau Keyphrase = Domain Toko Online

7. Manfaatkan Tools Statistik

Anda dapat memanfaatkan tools yang dapat membantu kita untuk melihat statistik pengunjung ke web Toko Online anda. Selain untuk melihat hasil, juga bisa gunakan untuk “Test and Measure” untuk evaluasi dari mana saja traffic/pengunjung berasal dan dengan keyword/keyphrase apa web Toko Online kita di klik pada Google.

Di antara tools yang mungkin bisa bisa anda manfaatkan adalah Google Analytics, AW Stats (bawaan CPanel), Sitemeter, Histats, dan masih banyak lagi tools lain yang tentunya antara satu dengan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Itulah beberapa point yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan traffic  kunjungan ke Toko Online Anda yan tentunya juga akan meningkatkan penjualan atas prodak yang anda pampang di took online anda.

8. Cari penulis berkualitas untuk web anda untuk membantu mengisi konten – konten untuk web.

Penulis yang bagus dan profesional tentu mampu membuat artikel – artikel yang berkualitas yang dapat menarik banyak pengunjung, apalagi jika penulis tersebut menggunakan literatur – literatur yang jelas. Dengan tulisan yang berkualitas, tentu hal ini dapat membuat pengunjung anda selalu kembali lagi ke website anda untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

9. Blog Walking

Konsep silaturrahim tidak hanya ada di dunia offline, tetapi bisa kita terapkan juga di dunia online (dunia maya). Sering-seringlah berkunjung ke blog orang lain, silahkan dibaca artikel di blog tersebut dan berikanlah komentar, tapi ingat! jangan hanya komentar yang sekedarnya (misal : hai, artikel bagus, salam kenal, dan sejenisnya). Tapi berikanlah komentar yang berkualitas serta jangan lupa berikan link ke Toko Online anda di bagian akhir komentar anda.

Lakukanlah hal tersebut 3-5 kali dalam sehari dan semakin hari semakin lama pun Toko Online kita akan lebih dikenal  di internet. Mudah bukan?

10. Iklankan website anda melalui banner, koran, majalah, media, link, dan iklan lainnya. Ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik pengunjung ke web anda. Jangkan lupa untuk membuat iklan yang semenarik mungkin. Selain cara – cara diatas, anda juga dapat mencoba membuat e-book gratis atau iklan baris.

Selain itu, anda juga dapat menulis artikel marketing dan jangan lupa untuk mencantumkan link URL web anda di artikel tersebut. Hal ini akan berperan untuk menarik pengunjung website untuk datang ke situs Anda.

Dengan semakin banyak artikel yang anda buat, semakin besar peluang anda untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak untuk web anda.

Anda dapat meningkatkan trafik web anda secara signifikan dengan cara- cara diatas. Jika anda ingin mendapatkan uang dari web anda, anda harus lebih berjuang lebih keras untuk mendapatkan manfaat positif dari popularitas web anda.

Sudahkah anda melakukannya?

Comments are closed.