8 Pahlawan Internet yang “Low Profile”

On February 23, 2015

Pernah mendengar tentang “Internet hall of fame”? Panggung hall of fame yang satu ini digelar sejak tahun 2012 lalu, untuk mengapresiasi orang-orang yang berjasa dalam merintis, menciptakan, dan mengembangkan dunia internet.

Nama superstar internet, seperti Tim Berners-Lee dan Linus Torvalds, sudah terpajang di hall of fame tersebut. Semua orang tahu bahwa Tim Berners-Lee adalah penemu WWW (World Wide Web), dan Linus Torvalds adalah pencipta sistem open-source Linux.

Tetapi, apakah Anda pernah mendengar nama Charles Herzfeld, Raymond Tomlinson, ataupun Robert Cailliau?

Sama seperti Tim Berners-Lee dan Linus Torvalds, ketiga nama itu pun masuk dalam Internet hall of fame. Meski mereka kurang terkenal, tetapi jasa mereka tak kalah besar dari jasa para superstar internet yang kita tahu. Masih banyak nama lain yang tercatat di www.internethalloffame.org. Siapa sajakah mereka? Berikut ini, 8 orang di antaranya.

1. Charles Herzfeld, adalah direktur di DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) pada era 1960-an. Dia adalah orang yang membuat keputusan untuk menciptakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), cikal bakal dari internet yang kita kenal sekarang ini.

2. Raymond Tomlinson, adalah orang yang pertama kali mengimplementasikan sistem email di ARPANET pada tahun 1971. Dia juga memilih tanda “@” pada email, untuk menghubungkan nama pengguna dengan domain email.

3. Robert Cailliau, adalah orang di belakang layar WWW. Selama ini, orang hanya mengenal Tim Berners-Lee sebagai pencipta WWW. Padahal, peran Cailliau tak kalah penting. Selain ikut menulis proposal untuk membiayai pengembangan WWW, Cailliau juga merancang logo WWW. Dia pun mengembangkan salah satu browser pertama untuk Mac OS.

4. J.C.R. Licklider, adalah mantan orang penting di DARPA. Dia adalah salah satu orang yang memprediksi bahwa sistem jaringan seperti internet akan menghubungkan umat manusia dengan komputer-komputer di seluruh dunia.

5. Donald Davis, adalah salah seorang penemu packet switching, teknologi dasar dalam pengembangan internet modern.

6. Philip Zimmermann, adalah orang yang menciptakan PGP (Pretty Good Privacy) pada tahun 1991. PGP adalah sebuah metode enkripsi digital untuk mengamankan komunikasi data melalui email.

7. Mitchell Baker, adalah Ketua Mozilla Foundation. Mantan CEO Mozilla Corporation ini berperan penting dalam pengembangan proyek Mozilla serta dalam proses pengesahan aplikasi-aplikasi internet berbasis open-source.

8. Brewster Kahle, mengembangkan WAIS (Wide Area Information System) pada tahun 1989. WAIS adalah sistem publishing pertama di internet, sekaligus program pertama yang bisa membuat indeks data berukuran besar. Kahle juga mendirikan Internet Archive (www.archive.org), sebuah perpustakaan digital yang bersifat non-profit, pada tahun 1996. Melalui Internet Archive, para pengguna internet bisa mengakses jutaan halaman web, buku, film, dan musik secara gratis.

sumber: kompas.com

Comments are closed.